Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Pilihan Buah-buahan yang mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang dapat larut dalam air. Kandungan antioksidan tinggi membuat vitamin ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Berikut beberapa buah buahan kaya akan vitamin C yang bisa menjadi pilihan Anda untuk dikonsumsi setiap hari.

Jeruk

Buah satu ini sudah sangat terkenal mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Vitamin C yang ada pada buah jeruk bisa menurunkan kadar hormone stress kortisol juga tekanan darah. Buah jeruk ini juga dapat menjadi zat anti peradangan.

Vitamin C

Jika ingin meningkatkan penyerapan dari obat-obatan yang mengandung aluminium seperti pengikat fosfat, ataupun pengikat kadar estrogen, bisa menggunakan jeruk ini. Hal ini karena vitamin C pada jeruk bisa berguna untuk mengoptimalkan penyerapan obat bagi yang sedang menjalani terapi penggantian hormon.

Stroberi

Stroberi merupakan salah satu jenis buah-buahan yang juga menjadi sumber vitamin cukup tinggi, bahkan dibandingkan dengan jeruk. Peran vitamin C pada stroberi adalah sebagai antioksidan dan untuk membantu menghilangkan racun-racun pada tubuh sehingga bisa mengurangi resiko kanker.

Dalam 100 gram stroberi, sedikitnya mengandung 60 mg vitamin C dan 33 kalori yang setara denan 67% AKG pada orang dewasa. Jika sedang diet, Anda baiknya banyak mengkonsumsi buah ini karena senyawa antosianin dalam buah ini bisa membantu pembakaran lemak.

Blewah

Meskipun rasanya tidak asam, blewah ternyata mengandung 100% nilai harian vitamin C dengan antioksidan yang tergolong kuat. Kandungan antioksidan dalam blewah berguna untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan. Tidak hanya vitamin, Blewah juga kaya akan mineral seperti fosfor.

Nanas

Buah nanas memang sudah terkenal memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi daripada jeruk. Tidak hanya itu, buah ini juga kaya akan serat. Dalam 100 gram nanas, terdapat 50 kalori dan 50 mg vitamin C. Bahkan, nanas juga mengandung vitamin B yang membantu produksi energy dalam tubuh.

Kiwi

Buah kiwi kaya akan vitamin C dan serat. Ini juga baik untuk kesehatan jantung, pencernaan, dan daya tahan tubuh. Selain vitamin C, buah ini kaya akan antioksidan yang dapat mendetoks racun dalam tubuh. Dalam 1 buah kiwi terdapat kandungan vitamin C sebesar 100 mg.

Jambu Biji

Jambu biji, meskipun lebih dikenal berfungsi untuk menormalkan tekanan darah, kandungan vitamin C-nya juga termasuk cukup tinggi. Dari 100 gram jambu biji, kandungan vitamin C nya mencapai 225 mg. kandungan yang cukup tinggi tersebut, membuat jambu biji menjadi buah dengan kandungan vitamin C tertinggi.

Buah ini sangat disarankan untuk penderita diabetes secara rutin untuk menetralkan gula darah. Juga dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Manfaat lainnya yaitu sangat bagus untuk kesehatan mata karena juga mengandung vitamin A.

Mangga

Buah mangga mengandung 36 mg vitamin C pada setiap 100 gram dagingnya. Manfaat dari buah mangga sendiri yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, bahkan kesehatan mata.

Lemon

satu buah lemon utuh, kandungan vitamin C-nya 83 miligram atau setara dengan 92% kebutuhan orang dewasa per harinya. Sama halnya dengan jeruk, lemon juga mengandung antioksidan dan serat yang cukup tinggi. Zat tersebut dpat membantu menurunkan resiko penyakit jantung.

Pepaya

Papaya dikenal sebagai salah satu buah buahan penolong saat menderita sembelit. Tetapi selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C tinggi. Setengah dari buah papaya mengandung sekitar 94 miligram. Buah ini, selain melancarkan BAB, juga berfungsi untuk membantu metabolism tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Post a Comment for "Ini Pilihan Buah-buahan yang mengandung Vitamin C"